GIRLISME.COM – Kegiatan menyusui pastinya membuat Mom dan si kecil terhubung secara psikis dan nutrisi, karena itu sebenarnya pernak-pernik menyusui ini harus Mom perhatikan dengan serius, sebab kalau lalai, si kecil bisa kena imbasnya.

1. Malas minum air putih…

https://www.healthguide911.com

Tubuh manusia hampir 60%nya terdiri dari air ya Mom, karena itu terbayang kan apa yang akan terjadi kalau seseorang malas minum, dan kekurangan cairan. Dalam kasus ibu menyusui, air yang ada di tubuhnya akan dibagi untuk kegiatan tubuh sendiri dan juga untuk si kecil dalam proses menyiapkan ASI. Oleh sebab itu minum air dengan teratur dan volume yang cukup sangat dianjurkan bagi ibu, buat membantu melancarkan produksi ASI. Jangan sampai malas minum ya Mom…

2. Minum obat secara sembarangan…

https://momblogsociety.com

Hal lain yang harus Mom perhatikan juga adalah kebiasaan konsumsi obat. Bagi ibu hamil dan menyusui, pola minum obatnya tentu berbeda dengan perempuan yang tidak mengandung ataupun sudah menyapih si kecil. Obat yang diminum Mom ketika masih menyusui, akan memberikan efek juga pada ASI yang nantinya diproduksi. Karena itu dikhawatirkan kandungan obat yang ada di dalamnya bisa bereaksi alergi kepada si kecil. Jadinya kalau Mom sakit, harus konsultasi dulu ya pada dokter, jangan minum obat sembarangan.

3. Makan pedas berlebihan…

https://baltimore.cbslocal.com

Siapa di sini yang punya kebiasaan makan pedas??

Bagi Mom yang baru melahirkan, dan masih menyusui, makanan pedas sangat dianjurkan untuk dikurangi. Bukan berarti ASI Mom berubah jadi pedas ya, namun lebih kepada kandungan makanan yang Mom terima, akan sangat berefek pada pencernaan si kecil juga. Makan pedas secara berlebihan ditakutkan akan menyebabkan diare pada Mom dan si kecil. Jadinya sebaiknya makanan pedasnya ditakar secukupnya dan jangan terlalu sering yaa.

4. Konsumsi makanan mengandung asam…

istockphoto.com

Mom tahukah kalau konsumsi makanan atau minuman dengan kadar asam bisa menyebabkan kekentalan ASI Mom jadi berkurang? Hal ini tentu saja tidak baik untuk si kecil. Makanan asam ini contohnya seperti buah-buahan yang kecut, juga makanan yang difermentasi bersama campuran ragi. Kandungan asamnya bisa menyebabkan reaksi pada bagian pencernaan si kecil, dan menimbulkan reaksi sakit perut ataupun gas lambung.

 

Itu tadi Mom pantangan buat kamu yang maish menyusui, jangan diabaikan yaa!