Si Kecil Ruam Popok?? Jangan Disepelekan Mom! Yuk Baca 4 Hal Penting Mengenai Ruam Popok!

GIRLISME.COM – Pantat si kecil tiba-tiba memerah dan gatal?? Suka rewel tiap kali ganti popok?? Hmm…hati-hati lho Mom, siapa tau itu tanda alergi popok. Yuk atasi dengan cara-cara ini!

1. Kenali gejala ruam popok!

superpama.com

Ruam popok akan selalu menjadi resiko selama si kecil masih aktif memakai popok, walaupun sudah berumur di atas dua tahun. Nah, ini adalah kewajiban bagi Mom untuk peka terhadap gejala-gejala ruam popok. Apa saja kah itu??

  • Kulit si kecil menjadi kemerahan, terutama di beberapa spot, seperti pada pantat, alat kelamin, lipatan paha dan paha.
  • Bayi menjadi rewel dan nggak nyaman tiap kali Mom membersihkan bagian-bagian yang biasanya tertutupi oleh popok.
  • Bayi cenderung lebih sensitif ketika kulitnya digesek, akibatnya lebih cerewet dan menangis. Biasanya itu adalah bahasa mereka untuk menunjukkan ketidaknyamanan.

2. Perhatikan penyebab-penyebab ruam muncul…

http://watchmepaint.bangordailynews.com

Ruam popok sebenarnya sangat mungkin dipengaruhi oleh beberapa hal, dan Mom harus hati-hati ketika melakukan aktifitas berikut pada si kecil,

  • Malas atau lupa mengganti popok si kecil, sehingga kulitnya mejadi terllu lama lembab disebabkan karena air kencing dan kotoran. Hal ini snagat berkemungkinan menyebabkan ruam dan menumbuhkan jamur. Lebih baik Mom mengganti popok tanpa harus tunggu ppoknya basah dan sangat penuh.
  • Perhatikan pernik produk yang digunakan bersamaan dengan popok, mislanya seperti lotion, bedak, minyak telon, bisa juga detergen dan pelembut pakaian. Bisa saja bayi Mom juga mengelami reaksi pada produk-produk tersebut.
  • Pemakaian popok yang terlalu ketat, bisa menyebabkan kulit si kecil kemerahan, lembab, dan gesekannya menyebabkan luka serta lecet.

3. Lakukan secara cepat penanganan jika kulit si kecil sudah menunjukkan gejala…

http://blogs.discovermagazine.com

Setelah si kecil menunjukkan tanda-tanda ruam, Mom harus segera melakukan penanganan, jangan ditunda! Adapun beberapa penanganan yang bisa Mom lakukan adalah,

  • Jangan malas dan lupa mengganti popok. Lebih sering akan menjadi lebih baik, daripada kulit si kecil malah lembab karena kencing dan kotorannya.
  • Pastikan kulit bayi dalam keadaan kering ketika dipakaikan popok.
  • Lepaskan popok dan biarkan kulit si keci bernapas.
  • Jangan pernah menggunakan tisu atau produk yang mengandung alkohol, karena ini bisa memperburuk merah pada bayi.
  • Gunakan salep untuk ruam bayi secara teratur.

4. Konsultasikan ke dokter…

EssentialBaby.com.au

Jika Mom sudah melakukan penanganan sederhana di atas tapi ternyata ruam yang ada pada tubuh si kecil nggak juga membaik, malah meluas dan berair, Mom harus segera konsultasi ke dokter, untuk memastikan penyebab dan juga jenis sakit yang dialami. Bisa jadi kulit si kecil sensitif, atau ada penyebab lainnya di luar penggunaan popok.

Related posts