Hati-hati Si Kecil Rawan Kena Alergi! Mom, Jangan Luput dari 4 Hal Ini Ya!

GIRLISME.COM – Alergi memang merupakan sebuah reaksi tubuh yang lumrah, tapi bukan berarti boleh disepelekan, apalagi pada bayi. Bahkan alergi ini bisa banget buat dicegah dan dijaga supaya nggak berulang kali datang mendekati si kecil!

1. Berikan ASI eksklusif…

https://www.parents.com

Mom sangat dianjurkan untuk memberikan ASI secara kontinyu dan intens dalam rentang umur 0 hingga 6 bulan. Dikatakan bahwa pada masa inilah anak memiliki kepekaan terhadap reaksi alergi. ASI merupakan salah satu sumber imun terbaik yang alami, yang bisa didapatkan oleh bayi.

2. Harus hati-hati saat memulai MPASI…

https://www.haibunda.com

Pastikan MPASI dimulai setelah si ekcil berumur 6 bulan ya Mom!

Mom juga harus memberikan jarak dari pemberian bahan makanan yang satu ke yang lainnya. Harus bisa melihat reaksi yang diberikan oleh badan si kecil, apakah ada gejala sakit atau nggak. Memperkenalkan makanan baru pada bayi memang beresiko, sebab pertama kalinya bayi akan beradaptasi dnegan makanan di luar ASI. Jadinya Mom harus lebih peka terhadap reaksi si kecil terhadap bahan-bahan makanan ya.

3. Memilihkan popok yang tepat…

https://www.mommyish.com

Alergi sering terjadi ketika si kecil nggak cocok dengan popoknya. Bisa ruam-ruam merah, bahkan sampai berair. Nah, Mom, dalam hal ini merupakan PR Mom lah untuk memilih mana popok yang cocok buat si kecil. Cocok atau nggaknya bukan hanya masalah harga ya Mom. Dalam pemakaian popok, jangan segan untuk menggantinya dan jangan biarkan pantat si kecil lembab terlalu lama. Sebab bisa menyebabkan jamur tumbuh dan terjadi reaksi kemerahan, gatal dan rasa panas pada kulit.  Reaksi ini juga sangat mungkin terjadi karena si kecil nggak cocok dengan popoknya. Jadinya Mom harus peka ya!

4. Memperhatikan lingkungan bermain si kecil…

https://www.babycenter.com

Hal lain yang perlu Mom perhatikan adalah mengenai lingkungan bermain anak. Jauhi asap rokok, asap kendaraan dan polisi.

Juga usahakan agar anak jangan terpapar langsung dengan panas matahari. Sistem imun bayi belum terbentuk secara sempurna, karena itu hal-hal yang kita angggap biasa sebagai orang dewasa, justru nggak bagi mereka. Mom juga harus memerhatikan kualitas kain yang digunakan si kecil. Kain yang gerah dan nggak bisa menyerap keringat justru akan memancing ruam gatal pada tubuh bayi.

 

Yuk Mom, jadi ibu siaga!

Related posts