Bener Nggak Sih Kalau Anak Kebanyakan Makan Jajanan Micin Bisa Jadi Bodoh?? Yuk Mom Simak Penjelasannya!

GIRLISME.COM – Mom sering dengar nggak sih tentang larangan ngasi makan banyak micin ke anak, karena nanti bisa bikin lemot??

Nah…sebenarnya fakta medisnya kaya apa sih??

 

1. MSG itu apa sih??

https://www.sciencefriday.com

Sebelum kita jauh mmbicaraan mengenai efek micin, kayanya lebih baik Mom kenalan dulu sama apa itu MSG. MSG adalah Monodosium Glutamat, yaitu bahan makanan pabrikan yang fungsinya untuk menyedapkan makanan. Nah MSG ini dibuat bukan dari bahan beracun ya Mom, dia dibuat dari tetes tebu atau tepung tapioka yang kemudian difermentasikan. Nah, proses fermentasinya ini menggunakan mikroba yang sama dengan proses fermentasi tempe, tape dan keju. Jadi dari masalah produksi dan bahan sebenarnya MSG ini nggak berbahaya ya Mom.

2. Penggunaan MSG orang Indonesia dikatakan nggak melebihi standar kesehatan…

kumparan.com

Tahukah Mom kalau WHO dan dan Menkes RI sudah menetapkan batas wajar pengonsumsian MSG. Kalau menurut WHO batasnya adalah 6 gram, dan di Indonesia batasnya adlah 5 gram. Nah, orang Indonesia dalam pemakaian MSGnya dikatakan rata-rata mencapai ukuran 0,65 gram. Hal ini berarti bahwa jika MSG dikonsumsi dalam batas yang wajar dan nggak melebihi batas, sebenarnya Mom nggak perlu khawatir mengenai kesehatan anak. Apalagi sampai bikin bodoh atau lemot, sebenarnya nggak ada korelasinya.

3. Nggak ada penelitian yang jelas mengenai MSG bisa membuat lemot…

ecuavisa.com

Isu bahwa MSG bisa membuat bodoh sebenarnya berasal dari penelitian yang nggak absah. Misalnya saja penelitian yang dilakukan pada tahun 1969 dan 2002, pada tikus percobaan. Dalam hasilnya kemudian ditemukan hasil bahwa penyuntikan MSG menyebabkan rusaknya jaringan otak pada tikus. Nah, ternyata rusaknya jaringan dan organ tubuh tikus tersebut disebabkan oleh dosis MSG yang digunakan jauh melebihi batas wajar. Karena itu sangat wajar jikahasilnya mengindikasikan kerusakan indra dan jaringan otak.

4. Glutamat merupakan bahan makanan yang sebenarnya dihasilkan oleh tubuh manusia secara alami…

Glutamat sebenarnya merupakan asam amino yang kehadirannya dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk protein. Selain untuk pembentukan protein, glutamat ini juga berperan dalam menyedapkan makanan, dan terkandung dalam beberapa bahan makanan alami, seperti tomat, jamur, daging, keju, dan kecap. Ada juga yang diproduksi oleh tubuh secara alami, yang terkandung dalam ASI. Nah, jadinya sebenarnya tubuh kita udah nggak asing lho Mom, dengan glutamat, sehingga penggunaan MSG sebenarnya nggak memberikan efek bodoh ataupun lemot. Dan gangguan kesehatan biasanya terjadi kalau konsumsinya melebihi batas wajar.

Related posts