Makna dan Sosok Dibalik Maskot Asian Games 2018

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Salah satu hal yang menarik perhatian selama Meski perhelatan akbar Asian Games 2018 adalah adanya maskot Asian Games yang diberi nama Bhin-bhin, Atung, dan Kaka.

Tak banyak yang tahu bahwa nama ketiga maskot tersebut diambil dari semboyan bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika. Jefferson Edri selaku Founder dan Creative Director of Feat mengatakan bahwa pembuatan maskot tersebut dibuat dengan teliti sesuai dengan visi dan misi dari Asian Games.

Read More

Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih yang mepresentasikan strategi, Atung adalah seekor Rusa Bawean yang mempresetasikan kecepatan dan Kaka adalah Badak bercula satu yang mempresentasikan kekuatan. Sedangkan untk logo terdapat sinar matahari di tengah-tengah logo serta warna-warni cahaya.

“Konsep dan filosofi maskot Asian Games 2018 itu, kita sempat rapat dan diberitahu bahwa konsep awalnya itu adalah Energi Of Asia. Kita me-reset, menemukan bahwa banyak hal mengenai Asian Games 1962 di di Jakarta. Kita melihat Presiden Soekarno waktu itu, bahwa Asian Games itu sebuah kesempatan untuk me-launching Indonesia dipanggung Internasional setelah Indonesia Merdeka,” kata Jefferson Edri.

foto: Twitter/@piokharisma

Jefferson dmengaku ia dan pihaknya telah melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan maskot dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya sebagai representasi Asian Games 2018.

Kata Jefferson menyambung pihaknya terlebih dulu melakukan riset untuk menentukan maskot dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sebagai representasi Asian Games 2018.

“Kita ingin mengambil hal yang sama yaitu semangat Asian games 1962. Maka dengan itu kita bikin brand story nya itu mengambil Stadion Gelora Bung Karno, sebagai basis dari identitas itu sendiri,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Bingung Mau Pilih Pake Kacamata Atau Softlens? Gak Usah Bingung, Ini Lho Cara Milihnya...

“Sedangkan untuk maskot kita mengambil apa yang menjadi energi of Asia. Buat kita keberagaman itu adalah kkekuatan Indonesia dan dimiliki Indonesia. Jadi, kita ambil Bhineka Tunggal Ika, makanya maskotnya ada tiga yaitu Bhin Bhin, Atung dan Kakak,” tambahnya.

Meskipun menjadi salah satu hal yang sangat populer selama Asian Games 2018 berlangsung, namun tak banyak yang tahu siapa sosok di balik kostum maskot boneka tersebut.

foto: Twitter/@piokharisma

Belum lama ini beredar sebuah foto yang menunjukkan tiga pria yang masih mengenakan bawahan dari kostum maskot Asian Games 2018. Jika dilihat dari kostumnya, cowok berkaus abu-abu paling kiri ini adalah pemakai kostum maskot Kaka. Sedangkan pria yang ditengah merupakan pemakai kostum burung Cendrawasih, Bhin-bhin. Dan yang paling kanan tentu saja pemakai kostum Atung.

Related posts