Mudah dan Cepat, Ini Loh Tips dan Trik Membuat SIM Internasional!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM- Pernah punya angan-angan berkelana ke luar negeri dengan mengendarai kendaraan, entah itu dengan menyewa atau menggunakan kendaraan pribadi? Jika iya, mungkin langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat SIM Internasional. Nah ini dia tips membuatnya!

1.Sebelum membuat, pastikan kamu udah tahu penggolongan SIM nya ya Smartgirl!

Copyright by instagram.com

Selain itu, seperti halnya SIM reguler yang berlaku di Indonesia, SIM Internasional juga digolongkan menjadi beberapa kelompok, antara lain: Golongan A Untuk sepeda motor dengan atau tanpa gandengan, kendaraan khusus orang cacat dan kendaraan bermotor roda tiga dengan berat kosong tidak lebih dari 400 kg dan golongan yang lainnya.

2.Eits jangan lupa, lengkapin persyaratannya ya Smartgirl!

Copyright by instagram.com

Bagi kamu yang tertarik melakukan perjalanan darat, menyewa kendaraan dan berkendara sendiri mengelilingi negara orang, cara membuat SIM Internasional bisa dikatakan sangat mudah dan cepat. Kamu tidak perlu melakukan uji teori maupun praktik karena hanya harus melengkapi berkas dan kelengkapan yang dibutuhkan.

3.Setelah persyaratan sudah dipersiapkan, jangan lupa siap-siap uang juga ya untuk biaya administrasinya!

Copyright by instagram.com

Kamu juga harus menyiapkan uang untuk membayar biaya pembuatan SIM Internasional. Untuk SIM Internasional baru, biaya yang dibebankan adalah 250,000 IDR, sementara untuk perpanjangan adalah 225,000 IDR.

4.Yang ngga kalah penting adalah, pembuatan SIM internasional ngga bisa diwakilin karena perlu sidik jari Smartgirl!

Copyright by instagram.com

Setelah mengisi formulir pendaftaran, kamu harus membubuhkan tanda tangan, foto dan sidik jari untuk database Polri. Karena alasan ini pemohon SIM Internasional harus datang sendiri dan tidak bisa diwakilkan oleh pihak lain.

 

Related posts