Mom, Si Kecil Biduran?? Jangan Panik! Langsung Tangani Pakai 4 Cara Ini Yuk!

GIRLISME.COM – Biduran memang bikin pusing tujuh keliling. Antara ragu mau kasi obat sembarangan, tapi si kecil juga harus secepatnya dikasi pertolongan supaya nggak semakin parah.

Nah, jangan bingung Mom, ini lho4 cara yang bisa kamu lakukan!

Read More

1. Minuman bawang merah dicampur daun kelor…

https://www.medicalnewstoday.com

Bawang merah dan daun kelor, dua bahan yang mudah banget buat Mom temui di kehidupan sehari-hari. Ambil beberapa lembar daun kelor, kemudian ditambahkan dengan satu buah bawang merah. Tambahkan juga dengan sedikit pulosari. Rebus ketiga bahan dengan dua gelas air, hingga tersisa satu gelas saja.  Setelah mendingin, campuran ini bisa langsung diminum dan diberikan kepada anak. Minuman ini dipercaya bisa meredakan gatal dan ruam yang ada.

2. Minuman daun sirih…

https://dei.com.sg

Daun sirih bukan hanya dikenal sebagai ramuan untuk menyembuhkan penyakit mata dan memperkuat gigi, namun ternyata juga berkhasiat meringankan penyakit biduran pada balita. Mom tinggal mengambil lembar daun sirih secukupnya, untuk kemudian direbus dan disaring. Setelah airnya didapatkan, Mom bisa langsung meminumkan pada si kecil. Untuk menghilangkan pahit pada air rebusan, bisa ditambahkan gula aren atau madu yaa.

3. Perawatan gatal dengan bedak…

infokids.gr

Begitu gejala biduran terlihat, Mom harus segera memotong kuku si kecil, untuk menghindari luka karena garukan. Jika gatal sudah mulai muncul, Mom bisa mengatasi dengan memberikan perawatan bedak dingin, ataupun bedak obat gatal yang memberikan sensasi hangat. Tujuannya agar si kecil lebih nyaman dan nggak terus-terusan menggaruk.

4. Pakaian dan lingkungan yang nyaman…

MomTricks.com

Saat badan terasa gatal, pastinya si kecil sangat nggak nyaman dengan tubuhnya. Inilah tugas Mom untuk mengerti, dan harus memilihkan baju yang lembut, nggak panas atau gerah, juga bisa menyerap keringat. Pemakaian baju yang tepat sangat bisa mengurangi rasa gatal pada anak.

Juga harus diingat bahwa kulit si kecil harus dihindari dari paparan sinar matahari langsung, sebab nantinya bisa membuat kulitnya terasa gatal dan perih.

Biduran sesungguhnya bisa dikatakan gejala yang normal dan biasa dialami oleh anak-anak. Mom nggak perlu panik, tapi sangat perlu menanganinya dengan cekatan!

Related posts