Berbeda Dari Pembukaan, Konsep Penutupan Asian Games 2018 Lebih Menonjolkan Budaya Asia

GIRLISME.COM – Penutupan pesta olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018, akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), pada Minggu, 2 September 2018.

Kabarnya, pemerintah akan menurukan 9.422 pasukan gabungan yang bertugas untuk mengamankan Closing Ceremony Asian Games 2018.

Read More

“Pasukan gabungan TNI Polri dan pemda. Mulai Satpol PP, pemadam kebakaran, ambulans, dan lain-lain. Khususnya untuk quick response,” tutur Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mapolda Metro Jaya, Kamis (30/8/2018).

Aacara penutupan Asian Games 2018 kabarnya akan dibuat berbeda dengan suasana Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Sabtu (18/8) yang lalu.

Apabila pembukaan dibuat kolosal dengan panggung yang memiliki pemandangan gunung berukuran panjang 120 meter dan lebar 30 meter, maka acara penutupan pada hari Minggu besok akan dibuat lebih sederhana. Konsep yang ditawarkan saat penutupan berupa selebrasi dan ucapan terima kasih untuk para atlet.

Direktur kreatif upacara Asian Games 2018, Wishnutama, mengatakan bahwa panggung untuk penutupan Asian Games 2018 akan dibangun dalam satu hari. Hal ini dikarenakan stadion utama digunakan untuk kompetisi atletik.

“Memang berbeda dengan pembukaan yang panggungnya dibuat selama 4 bulan, pada penutupan panggung dibuat dalam tempo satu hari,” kata Wishnutama.

https://www.genpi.co

Selain itu, apabila konsep upacara pembukaan menghadirkan berbagai ornamen yang mencirikan flora Nusantara, maka upacara penutupan akan dibuat lebih seperti konser musik. Hal ini disampaikan oleh pengarah musik untuk upacara Asian Games 2018, Ronald Steven.

“Arah penutupan ini memang lebih modern dan fokus ke konser musik. Kami juga berupaya menonjolkan budaya Asia,” ungkap Ronald.

Kemudian, koreografer untuk upacara Asian Games, Eko Suprianto, mengatakan bahwa porsi tarian pada upacara penutupan tak sebanyak pada pembukaan.

Salah satu yang menjadi daya tarik upacara penutupan Asian games 2018 adalah kehadiran musikus luar negeri. Untuk upacara penutupan nanti, akan hadir boyband asal Korea Selatan, yaitu Super Junior dan iKon. Selain itu ada juga musikus India, yaitu Siddharth Slathia.

Meskipun tidak sebanyak saat upacara pembukaan, saat upacara penutupan nanti beberapa musikus Tanah Air juga akan tampil. Beberapa diantaranya adalah Bunga Citra Lestari (BCL), GIGI, Irfan Samsons, Jevin Julian, Bams, Siti Badriah, JFLOW, Lea Simanjuntak, Dira Sugandi, Winky Wiryawan, RAN, Denada, dan Isyana Sarasvati.

Apabila pembukaan Asian Games 2018 lebih menonjolkan budaya Indonesia, saat penutupan nanti panitian akan lebih menonjolkan budaya-budaya Asia dengan menghadirkan penampilan dari berbagai negara seperti China, Korea, dan India.

Wishnutama mengatakan bahwa ide besar dari upacara penutupan tersebut untuk menunjukkan bahwa Asia merupakan kekuatan besar. Gagasan ini berkaitan dengan benang merah tema Asian Games 2018: Energy of Asia.

“Ini akan menjadi perayaan kebersamaan kita sebagai bangsa di Asia. Nanti juga ada budaya Korea dan Tiongkok (yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022),” ucapnya, saat konferensi pers soal Asian Games 2018 di Jakarta Convention Center, Senin (27/8/2018).

Related posts