Ngerasa Nggak Sih Kalau Kadang Lebih Susah Dekat ke Ayah daripada ke Ibu?? Gimana Ya Cara buat Makin Akrab ke Ayah??

https://m.huffpost.com

GIRLISME.COM – Dibandingin Ibu, kadang Ayah memang merupakan sosok yang lebih kaku dan kikuk, terlebih lagi jika hal itu menyangkut interaksi dengan anak perempuannya. Karena itu nggak jarang juga anak-anaknya mengira bahwa Ayah adalah seseorang yang galak dan keras.

Ayahmu kaya gitu juga nggak, Smartgirl?

Read More

1. Aku dan Ayah punya  ketidakcocokkan kah??

http://theparentsuccesscoach.com

Langkah pertama untuk bangun hubunganmu dengan Ayah adalah cari tahu kemungkinan masalah yang ada. Apakah karena beda pendapat tentang  sekolah, atau pasangan, bisa juga tentang  pandangan hidup. Dengan tahu masalah ini kamu bisa lebih mudah buat cari jalan keluarnya. Jadi nggak  hanya meraba-raba dengan random.

 

2. Jangan pandang Ayah sebagai sosok negatif…

https://www.shutterstock.com

Walaupun mungkin Ayahmu itu orangnya kaku, galak, nggak gampang dibantah, namun bukan berarti bahwa dia nggak sayang kamu. Yang perlu kamu lakukan adalah berhenti memandang Ayah sebagai sosok yang menyeramkan, dan mulai buat ngisi pandanganmu dengan hal-hal baik tentangnya. Hal ini bakal ngebantu kamu untuk lebih relax dan nyaman ketika harus berhadapan dengannya. Karena sekali lagi, sesungguhnya Ayahmu sangat sayang kamu. Yang kamu butuhkan adalah ngasi kesempatan berupa pandangan baik di dalam pikiranmu sebagai anaknya.

 

3. “Ayah hari  ini ada rencana kegiatan nggak?”

https://m.huffpost.com

Langkah selanjutnya adalah kasi perhatian buat Ayah. Mungkin selama ini kamu merasa canggung atau malu buat menanyakan hari yang baru dilewati Ayahmu. Wajar memang, apalagi kalau ngobrol pun jarang, maka nanyain hal-hal seperti itu bakalan terasa awkward. Tapi perlu kamu tahu ya Smartgirl, bahwa Ayah pun butuh kasih sayang, butuh diperhatikan, walaupun tidak pernah dibahasakan secara gamblang. Membuka obrolan tentang pengalaman Ayahmu hari ini, bisa jadi cara yang cocok buat mulai obrolan santai, dan ringan dengannya. Kamu lakuin terus setiap hari sampai nanti bahkan rasanya aneh kalau sehari aja nggak curhat ke Ayah.

 

4. Mulai habiskan waktu lebih banyak bersama-sama…

https://www.shutterstock.com

Ayah suka mancing. Ayah suka musik-musik lama. Ayah suka nonton tinju. Ayah suka masak. Ayah suka naik sepeda dan jalan-jalan ringan.

Ayah suka apa ya?

Sebagai anak seharusnya kamu peka dengan hal-hal yang disukai oleh Ayah. Seperti makanan favoritnya, tontonan, bacaan, musik, lawakan. Hal-hal yang bisa bikin kamu nyambung buat ngelakuin aktifitas bersama. Selama ini kamu mungkin kurang memahami Ayahmu karena itu kamu merasa kalau  akan sangat susah buat bisa ngobrol nyambung. Padahal yang perlu kamu lakukin adalah  mulai coba buat ikut di hal-hal yang disukainya. Langkah ini bisa nyiptain quality time antara kamu dan Ayah.

Itu tadi cara-cara mengakrabkan diri dengan Ayahmu. Bukan gebetan doang yang perlu di PDKT-in, tapi orang tua juga perlu banget.

Walaupun Ayah dipandang lebih galak dan seram daripada Ibu, tapi jangan salah ya, di balik semua itu justru Ayahlah yang paling memikirkan kehidupan keluarganya bahkan sampai hal-hal sederhana.

Yuk, PDKT sama Ayah!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.