Mom, Menyusuimu Susah dan Nggak Lancar? Yuk Coba 4 Cara Ini, Supaya Produksi ASI jadi Lebih Lancar!

GIRLISME.COM – Perkara menyusui memang jadi hal yang masih jadi pekerjaan rumah ibu-ibu baru maupun lama, Mom gitu juga nggak? Nah, gimana ya cara yang mudah tapi nggak ribet buat bikin ASI lancar?

 

 

1. Memberikan ASI secara berkala, teratur dan sering…

Food.NDTV .com

Cara paling dasar untuk merangsang ASI adalah dengan menyusui ya Smartmom. Kegiatan menyusui ini dipercaya bakalan bisa memberikan stimuli pada ASI, sehingga bisa keluar dalam jumlah yang lebih banyak. Mom harus memberikan ASI atau menyusui si kecil dalam frekuensi yang lebih sering, sehingga nantinya ASI yang datang volumenya akan meningkat. Kegiatan ini juga bisa dibarengi dengan cara memompa payudara ya Mom.

 

2. Konsumsi makanan yang sehat…

BabyCenter.com

Selain suplemen untuk merangsang ASI, Mom juga harus membekali diri dengan makanan yang bergizi. Misalnya mencukupi jatah air putih yang diminum setiap harinya, kemudian memperbanyak makan kacang-kacangan, untuk mengentalkan ASI. Bisa juga meminum jus buah tanpa gula secara rutin, dan mendampinginya dengan sayuran layaknya daun katuk, bayam atau wortel. Asupan makanan yang diterima oleh tubuh akan menentukan juga kualitas dari produksi ASI yang Mom miliki.

 

3. Telaten membersihkan dan memijat payudara…

Vita-Hasan.blogspot.com

Hal lain yang harus dilakukana dalah membersihkan dan memijat payudara ya Mom. Pembersihan puting susu disarankan agar tidak ada sumbatan dan kotoran yang bisa menghalangi keluarnya ASI, juga untuk kesehatan si kecil. Kemudian pijatan-pijatan dilakukan untuk membantu stimuli ASI,

dimulai dengan menghangatkan payudara dengan handuk hangats elama 1 hingga 2 menit. Kemudian mulai pijatan dari bagian puting, terus ke area bagian bawah. Selanjutnya di bagian areola, pijatan dilakukan dengan gerakan atas dan bawah, kemudian kiri dan ke kanan. Terakhir, pemijatan dilakukan dengan gerakan melingkar, sesuai dengan bentuk payudara. Gerakan ini dilakukan secara bergantian ya Mom.

 

4. Temukan posisi menyusui yang nyaman..

google.co.id

Hal ini mungkin dianggap sepele, tapi sebenarnya kenyamanan posisi dalam menyusui itu sangat berpengaruh pada proses keluarnya ASI. Biasanya posisi menyusui yang kurang tepat bakalan membuat kamu merasa nggak nyaman dalam menyusui, dan ujungnya nggak betah dan pingin cepat selesai. Posisi yang nggak nyaman juga bisa bikin puting lecet dan si kecil malah nggak dapat menyelesaikan proses susunya karena kamu sudah nggak nyaman duluan, Mom. Makanya buat menyusui lama dan intens, harus tau posisi paling pewenya.

 

Nah, gimana pengalaman menyusuimu Smartmom??

Related posts