Jangan Takut Dibilang Kutu Buku Kalau Pergi Ke 8 Perpustakaan Yang Instagramble Ini!

  • Whatsapp

Bagi sebagian besar orang (kecuali bagi mereka yang suka membaca) kesan yang ada di benak mereka saat mendengar kata perpustakaan pasti adalah bangunan tua, sepi gelap, nggak asik dan ngebosenin. Namun tidak semua perpustakaan seperti itu ya guys. Masih ada kok perpustakaan yang indah, keren, mengagumkan, bahkan luar biasa!

Eh, nggak percaya? Traveling dulu yuk ke 8 perpustakaan mengagumkan yang luar biasa ini! Pasti deh bikin kamu betah berlama-lama baca buku di sini…

Read More

1. Prague Clementinum (National Library), Republik Ceko

copyright by youtube.com

Perpustakaan yang didirikan oleh botanis, etnomolog, dan teolog Ceko Kaspar Maria von Strenberg pada tahun 1818 ini bukan hanya salah satu perpustakaan tertua di dunia, namun juga salah satu perpustakaan terbesar — dengan lebih dari 14 juta item buku dari berbagai bidang ilmu.

2. Boston Public Library, Amerika Serikat

copyright by www.bostonmagazine.com

Perpustakaan Daerah Boston ini didirikan pada tahun 1895 dan terdiri dari tiga bangunan utama: ruang koleksi, ruang pameran, serta ruang adminstrasi. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 24 jenis koleksi beragam jenis dan seringkali menyelenggarakan pameran untuk memamerkan koleksi-koleksi langka yang dimiliknya.

BACA JUGA :  Kasus Slamet, Non Muslim yang Dilarang Tinggal di Bantul, Jadi Kontroversial. Sultan HB X Keluarkan Instruksi Ini Untuk Cegah Intoleransi di Yogyakarta

3. Bodleian Library Universitas Oxford, Inggris

copyright by pxhere.com

Buat kamu pecinta Harry Potter, kamu pasti sudah nggak asing dengan perpustakaan ini.

Ya, beberapa adegan di film Harry Potter memang diambil di perpustakaan milik Universitas Oxford, Inggris ini. Koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan ini mencapai angka lebih dari 11 juta judul. Namun selain itu, perpustakaan ini merupakan salah satu perpustakaan tertua di Eropa, lho! Perpustakaan ini mulai dibangun sejak abad ke-17, tepatnya pada tahun 1602. Waaah itu berarti umur perpustakaan ini hampir 600 tahun!

4. Trinity College Library, Dublin

copyright by //www.demilked.com

Perpustakaan yang berada di pusat kota Dublin ini adalah perpustakaan terbesar di Irlandia dan merupakan perpustakaan bagi dua universitas, yakni Trinity College Dublin dan University of Dublin. Koleksi yang tersimpan di perpustakaan ini mencapai lebih dari 6 juta judul buku yang terdiri atas majalah, jurnal, rekaman musik dan lain-lain.

Koleksi paling terkenal dari perpustakaan ini adalah Kitab Kell dan Kitab Durroy. Kedua kitab ini merupakan buku pencerahan agama Kristen bagi Suku Kelt – sebuah suku di Eropa yang juga merupakan nenek moyang orang Irlandia, Skotlandia, Wales, dan Breton – dan sering dianggap sebagai buku yang paling indah yang ada di dunia.

5. The Austrian National Library, Austria

copyright by www.atlasobscura.com

Perpustakaan Nasional Austria adalah perpustakaan terbesar di Austria dan termasuk salah satu perpustakaan kuno di Eropa. Dibangun di era dinasti Habsburg di abad ke-18, perpustakaan ini dulu juga dikenal dengan nama Hof-Bibliothek (Perpustakaan Istana). Tapi nama ini berubah menjadi Österreichische Nationalbibliothek (Perpustakaan Nasional Austria) ketika Austria menghapuskan sistem monarkinya. Koleksi perpustakaan ini sendiri mencapai lebih dari 7 juta judul.

6. New York Public Library, Amerika

copyright by www.archdaily.com

BACA JUGA :  Operasi Identifikasi Korban Dihentikan, Begini Nasib 64 Korban Lion Air JT 610 yang Belum Ditemukan

Perpustakaan ini dibangun pada tahun 1895 dan menjadi salah satu perpustakaan utama di Amerika Serikat. Saat ini koleksi yang dimiliki perpustakaan ini mencapai lebih dari 53 juta item sehingga perpustakaan ini masuk dalam jajaran perpustakaan terbesar kedua di Amerika dan menjadi terbesar ketiga di dunia.

7. Handelingenkamer, Gedung Parlemen Belanda, Den Haag

copyright by google.com

Perpustakaan Gedung Parlemen Belanda ini terletak di ibu kota administrasi Belanda, Den Haag. Atapnya terbuat dari kaca-kaca berwarna untuk mengizinkan sebanyak-banyaknya cahaya alami masuk, karena perpustakaan ini dibangun sebelum lampu listrik ditemukan. Sayang hanya buka dua hari setahun.

8. The National Library of Russia, St. Petersburg, Rusia

copyright by jaanamila.wordpress.com

Perpustakaan Nasional Rusia ini didirikan pada tahun 1795 di kota St. Petersburg dan menjadi perpustakaan tertua di negara ini. Pada awalnya, perpustakaan ini lebih dikenal dengan nama Imperial Public Library atau Perpustakaan Umum Milik Kerajaan. Namun setelah Revolusi Bolshevik tahun 1917 menggulingkan Kerajaan Rusia dan membunuh Tsar serta keluarganya,  perpustakaan ini berubah menjadi State Public Library atau Perpustakaan Umum Milik Negara — nama yang dipertahankan hingga saat ini.

Koleksi perpustakaan ini lebih banyak didominasi dengan buku-buku yang membahas Rusia dengan jumlah koleksi mencapai lebih dari 36 juta buku, yang menjadikan perpustakaan ini menjadi perpustakaan terbesar nomor 5 di dunia.

Jadi masih ngga mau ke perpustakaan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *