Inilah Makna Dibalik Tema dan Logo Resmi HUT RI Ke-73

GIRLISME.COM – Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jum’at (17/8) berlangsung khidmat.

Peringatan hari Kemerdekaan Indonesia (HUT Kemerdekaan RI) yang ke-73 mengangkat dua tema sekaligus. Kedua tema yang diusung pada Perayaan 73 Tahun Kemerdekaan RI tersebut adalah Energi dan Kerja.

Read More

Tema Energi diambil dari identitas Asia Games XVIII yakni The Energy of Asia. Sementara Tema Kerja merupakan cerminan pemerintah selama 4 tahun terakhir untuk perubahan yang lebih baik.

http://batam.tribunnews.com

Tema Energi dan Kerja diharapkan dapat memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia agar tercipta semangat kerjasama untuk membangun negeri dan semangat untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

Selain tema, logo HUT RI ke-73 juga memiliki kaitan yang erat dengan Asia Games XVIII. Logo resmi HUT RI ke-73 yang dirilis oleh Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) pada Kamis (12/7/2018) tersebut terinspirasi dari kata ‘kerja’ dan ‘energi’.

Kata ‘kerja’ berarti adanya pergerakan atau aktif, kemudian kata ‘energi’ berarti tenaga atau daya untuk bekerja. Dalam pedoman identitas visual Logo 73 Kemerdekaan RI tersebut disebutkan juga bahwa kerja dan energi adalah suatu kesatuan yang saling melengkapi.

Logo tersebut disimbolkan oleh bentuk garis dinamis yang memiliki arti suatu kemajuan dalam bekerja, sekaligus melambangkan semangat, optimisme untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

Logo resmi HUT RI ke-73 tersebut menggunakan kombinasi warna merah RED #DA1F26, PUTIH #FFFFFF dan BLACK (90%) #414042.

http://batam.tribunnews.com

Pilihan kombinasi warna tersebut dilakukan untuk menjaga konsistensi dan citra karakter. Selain itu juga untuk menghindari penggunaan logo yang tidak semestinya.

Logo HUT RI ke-73 menggunakan typeface bernama Geometria, yang digunakan pada slogan logo, yaitu KERJA KITA, PRESTASI BANGSA.

Related posts