GIRLISME.COM- Sering kali saat kamu bepergian melintasi zona waktu penerbangan untuk jalan-jalan atau urusan pekerjaan kamu akan mengalami jet lag. Suatu kondisi sementara berupa kelelahan, insomnia, dan gejala lainnya yang timbul akibat penerbangan lama yang melintasi zona waktu. Semakin besar perbedaan zona waktu membuat gejala mungkin menjadi lebih parah. Nah kali ini GirlIsMe bakal ngasih tipsnya!

1.Sebelum berpergian, pastikan Smartgirl sudah menyesuaikan diri terhadp lingkungan yang baru.

copyright by google.com

Mulailah menyesuaikan diri dengan jadwal(di tempat tujuan) beberapa minggu sebelum kamu bepergian. Pergilah tidur lebih awal dan bangun lebih awal, lakukan olahraga teratur (sebaiknya di luar ruangan), atau malah perlahan-lahan menyesuaikan jadwal tidur yang bergantung kamu bepergian ke arah timur atau barat.

2.Saat di pesawat, pastikan jaga moodmu tetap baik dengan cara memilih makanan dan minuman yang Kamu sukai!

copyright by google.com

Pada hari kamu bepergian dan setelah kamu tiba di tempat tujuan, pastikan kamu makan makanan sehat dengan sayur dan buah segar. Hindari kafein dan alkohol serta kurangi asupan garam karena bisa menyebabkan dehidrasi dan mempengaruhi jam tidur kamu.

3.Ini nih yang paling penting, Smartgirl tundalah waktu tidur siangmu. Kenapa?

copyright by google.com

Setalah sampai di tempat tujuan, cobalah untuk menunda tidur siang karena kamu harus melakukan sinkronisasi jam internal deng tempat tujuan. Kalaupun kamu merasa lelah dan harus tidur siang, kamu bisa beristirahat selama maksimal 20 menit sehingga tidak menganggu waktu tidur kamu saat malam hari.

4.Kalau udah jet lag parah, Kamu bisa lakuin akupresur, yaitu pemijatan di beberapa titik tertentu.

copyright by google.com

Jika kamu mengalami jet lag yang cukup parah, coba lakukan akupresur. Salah satu bentuk fisioterapi dengan memberikan pemijatan dan stimulasi pada titik-titik tertentu pada tubuh. Atau kalau memungkinkan, pergilah ke pusat kebugaran hotel dan lakukan jalan santai, lari, bersepeda, atau berenang selama 20 menit, dan lakukan pendinginan dengan meregangkan tubuh selama 10 menit.