Kota Surabaya Terpilih Menjadi Kota Pariwisata Terbaik Versi Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Kota Surabaya, Jawa Timur terpilih menjadi kota terbaik di bidang pariwisata versi Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018. Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 merupakan bentuk penghargaan kepada Kabupaten atau kota yang memiliki komitmen, performansi, inovasi, kreasi dan leadership dalam membangun pariwisata daerah. Adanya ajang tersebut bertujun untuk memberikan apresiasi bagi Pemerintah Daerah memiliki peran yang sangat besar untuk mengembangkan pariwisata daerah.

Penganugerahan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 dilakukan pada Jumat malam, 20 Juli 2018 di gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat.

Read More

Kota Surabaya terpilih karena dinilai memiliki komitmen, performansi, inovasi, kreasi dan leadership dalam membangun pariwisata daerah.

“Jadi penilaiannya sudah terlihat itu, kalau dari size dan pertumbuhan Surabaya tertinggi. Performasinya 40 persen,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya seusai memberikan penghargaan di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Ketua Dewan Juri Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018, Didien Junaedi, mengatakan bahwa ada empat indikator penilaian yang digunakan dalam ajang tersebut. Indikator yang pertama adalah kinerja usaha pariwisata. Kinerja itu meliputi pengembangan akomodasi termasuk makan-minum. Bobot penilaian untuk indikator ini adalah 40 persen.

http://requisitoire-magazine.com

Indikator kedua adalah indeks Pariwisata Indonesia dengan bobot sebesar 30 persen. Sedangkan indikator penilaian ketiga adalah dimensi pariwisata yang memiliki bobot nilai 15 persen.

BACA JUGA :  Dianggap Halangi Kreatifitas, 262 Pelaku Musik Tolak RUU Permusikan

Terakhir, indikator keempat adalah penghargaan internasional dan nasional (kementerian/lembaga) dengan nilai 15 persen.

Dari keempat indikator tersebut, Surabaya berhasil mencapai nilai tertinggi, yakni 7,36 dari 134 kota atau kabupaten yang terlibat.

Selain itu, terdapat 10 Kabupaten terbaik yang ditetapkan dalam penganugerahan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018. 10 Kabupaten tersebut antara lain Kabupaten Badung, Kabupaten Sleman, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Bandung.

Sedangkan untuk 10 Kota terbaik ditempati oleh Kota Surabaya, Kota Denpasar, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Batam, Kota Yogyakarta, Kota Padang, Kota Makassar, Kota Balikpapan, Kota Palembang.

Adapun tim juri ajang Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 terdiri dari Didien Djunaedy (Ketua GIPI); Budi Faisal (Institut Teknologi Bandung); Gunawan (Kementerian Dalam Negeri); Adhi Wiriana (Badan Pusat Statistik)  dan Frans Teguh (Kementerian Pariwisata).

Related posts